Hati-hati! 1 Miliar SIM Card di Bajak Hacker. Anda Termasuk?

Perusahaan keamanan AdaptiveMobile Security melaporkan, ada lebih dari 1 miliar SIM card di seluruh dunia yang berpotensi dimata-matai hacker. Parahnya, pelaku bisa membajak ponsel pengguna. celah keamanan di SIM Card yang masih menggunakan teknologi jadul, disebut AdaptiveMobile Security jadi penyebab ponsel rawan dibajak oleh hacker.

Simjacker ini membuka pintu hacker untuk memanfaatkan lubang keamanan S@T Browser yang tertanam di dalam SIM Card. Adapun S@T Browser bukan fitur umum, tetapi fitur yang hanya diketahui oleh operator seluler yang berfungsi menjalankan perintah, seperti menampilkan pop up, memutar nada, menjalankan browser, dan lainnya.

Gimana Cara Kerjanya?

  1. Menemukan target
    Meletakkan dasar adalah bagian penting dari pertukaran SIM. Pertama, penyerang menemukan beberapa informasi pribadi tentang target potensial. Apa pun mulai dari info masuk bank hingga usia, lokasi – bahkan nomor jaminan sosial – dapat ditemukan mengambang di web. Jika mereka membutuhkan lebih banyak, mereka dapat menggunakan serangan phishing untuk menipu pengguna agar mengungkapkan sesuatu yang penting.
  2. Menipu dukungan teknis
    Sekarang setelah mereka memiliki strategi, peretas akan memanggil operator Anda (cukup mudah untuk mengetahui operator mana yang nomornya aktif), gunakan apa yang mereka ketahui tentang Anda untuk melewati pertanyaan keamanan, dan minta mereka untuk mengirim nomor itu ke kartu SIM baru. Dengan sedikit rekayasa sosial, mereka dapat menipu perwakilan dukungan teknis untuk memasukkan nomor pengguna ke telepon yang dikendalikan oleh peretas.
  3. Menukar SIM / Swap SIM
    Jika serangan berhasil, operator akan memberikan nomor dan SIM Anda kepada penyerang, di mana pengguna dapat (atau mungkin tidak) menerima pesan yang memberi tahu mereka bahwa SIM mereka telah diperbarui atau dinonaktifkan. Mereka kemudian tidak dapat melakukan panggilan atau mengirim teks, pada titik mana kebanyakan orang akan menyadari ada sesuatu yang salah.
  4. Mengambil alih
    Begitu masuk, penyerang umumnya akan mengubah kata sandi, alamat email, dan informasi lain yang dapat memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kembali kendali atas akun mereka.

Gimana Mengetahui Sim Card di hack dan cara pencegahannya?

Jika ponsel Anda tiba-tiba kehilangan layanan operator seperti sinyal hilang, Anda mungkin memeriksa apakah teman anda yang memakai operator sama sinyalnya ada? kalo hanya anda yang tidak menerima sinyal anda dapat mencurigai adanya pertukaran SIM, Anda harus:

  • Temukan koneksi sesegera mungkin dan hubungi operator Anda. Pertukaran SIM adalah masalah yang diketahui, jadi jika mereka menemukan buktinya, mereka mungkin tahu apa yang harus dilakukan.
  • Jika ada aktivitas mencurigakan yang muncul, hapus nomor telepon Anda dari akun Anda, atau, jika mungkin, ubah ke nomor VoIP atau nomor orang lain.
  • Pastikan customer service operator anda mengunci akun Anda dan memberi Anda SIM baru, terlindungi dari perubahan yang tidak sah oleh PIN SIM Card.
  • Jika Anda tidak yakin akun mana yang telah hack, paling aman untuk kata sandi Anda dan informasi sensitif apa pun, seperti nomor akun, yang mungkin terlibat.

Cara yang paling ampun jangan sembarangan mengklik link yang kita dapat dari email, sms dan sosial media yang tidak kita dikenal. Karena semua hacker itu berjalan melalui link yang di kirim ke ponsel kita. So Ingat tetap waspada!!!

sumber: https://inet.detik.com
https://www.maketecheasier.com

error: Content is protected !!