Apple dan Google membuktikan APP kamera lebih penting daripada Megapiksel

Hi Guys, sering mendengar smartphone dengan kamera yang tinggi di megapiksel? Banyak smartphone menawarkan sensor 48-, 64-, dan segera 108-megapiksel. Mereka menerapkan teori lama bahwa angka yang lebih besar harus lebih baik. Beda dengan Apple, Google, dan Samsung mereka akan memberi tahu Anda bahwa hanya 12 megapiksel yang Anda butuhkan, dan hasilnya jauh lebih bagus dan bahkan kualitasnya tampaknya sesuai tingkat unggulan.

Sejumlah kamera resolusi tinggi yang kami lihat di pasaran menghasilkan gambar yang terlihat sangat buram dan kurang detail. Alasannya adalah bahwa ada lebih dari sekedar penghitungan piksel untuk membuat gambar yang terlihat bagus.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa sensor megapiksel besar ini semuanya menggunakan teknologi yang disebut “pixel binning.” Daripada filter warna tradisional Bayer, ini menggunakan pola filter Quad-Bayer. Pada kenyataannya, kamera ini memiliki resolusi warna yang mendekati seperempat dari jumlah pikselnya. Jadi kamera binning 48MP piksel lebih seperti kamera 12MP, 64MP lebih dekat ke 16MP, dan 108MP lebih dekat ke 27MP dalam hal detail nyata yang dapat diselesaikan.

Coba lihat produk high end lebih meningkatkan kemampuan pencitraan mereka melalui penggunaan fotografi komputasi. Peningkatan dalam pemrosesan gambar menghasilkan detail yang lebih baik, white balance, dan daylight dan low light. Fotografi komputasi juga memberi daya pada banyak fitur kamera favorit, termasuk night mode, efek kedalaman medan bokeh, dan deteksi dengan AI.

Apple, Huawei, dan Samsung menggandakan kemampuan di dalam prosesor in-house mereka, kemampuan ini akan membuat jalan mereka ke ponsel yang lebih terjangkau dan produsen dapat menjatuhkan resolusi kamera mereka untuk membantu memproses data gambar lebih efisien. Sementara itu, smartphone kelas menengah memilih sensor resolusi lebih tinggi untuk membuat diri mereka tampak kompetitif. Tetapi masa depan fotografi seluler terletak pada kemampuan pemrosesan yang lebih cerdas dan lebih maju.

Gimana guys? Masih perlu memilih smartphone yang Megapixel tinggi? Sebenarnya semakin tinggi Megapixel sebuah kamera smartphone semakin banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Teknik fotografy lebih penting dari sekedar Megapixel kamera tersebut.

source: https://www.androidauthority.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!