CEK! Smartphone Anda Ada Xhelper?

Hai Guys, Ada Malware Android jenis baru yang mampu menginstal ulang dirinya bahkan setelah dihapus secara manual dilaporkan telah menginfeksi lebih dari 45.000 perangkat Android selama enam bulan terakhir.

Disebut xHelper, Trojan – yang telah infeksi sebagian besar pengguna di India, AS, Rusia – naik ke daftar 10 teratas malware ponsel yang paling banyak terdeteksi. Symantec mengamati apa yang disebutnya “gelombang deteksi” malware Android berbahaya yang dapat menyembunyikan diri dari pengguna, mengunduh aplikasi jahat tambahan, dan menampilkan iklan.

Selain beroperasi secara diam-diam di latar belakang, xHelper membawa perilaku dengan tidak membuat ikon aplikasi atau ikon shortcut di peluncur layar beranda. Satu-satunya indikator adalah daftar di bagian info aplikasi dari pengaturan ponsel yang terinfeksi.

Sementara asal dari aplikasi berbahaya malware Xhelper sedang diselidiki, Symantec mencurigai infeksi tersebut mungkin pengguna download dari sumber yang tidak diketahui melalui aplikasi sistem jahat, Xhelper akan terus-menerus mengunduh malware meskipun pengguna melakukan pengaturan Factory Default dan uninstall secara manual .

Peneliti MalwareBytes, di sisi lain, percaya itu menyebar melalui situs web game yang menipu pengguna untuk mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga yang tidak dipercaya.

Symantec mengatakan fungsionalitas xHelper telah berkembang secara drastis dalam beberapa waktu terakhir, meskipun para peneliti memperingatkan itu terus berkembang untuk menargetkan korban baru. Kode yang belum selesai – dengan banyak variabel yang berlabel ‘Jio‘ – telah membuat para peneliti mencurigai bahwa penyerang mungkin berencana untuk menargetkan pengguna Jio di masa mendatang.

Untuk melindungi perangkat Anda dari serangan seperti itu, selalu disarankan agar Anda selalu memperbarui perangkat dan aplikasi, tetap menggunakan Google Play Store untuk mengunduh aplikasi, dan sangat berhati-hati dengan situs web seluler yang Anda kunjungi.

Jadi hati-hati guys kalo mau download App / install unknown App, usahakan download App di Google Play Store dan di Store yang sudah dipercaya!

source : https://thenextweb.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!